Tugas Kelompok
1. Sudah
lama Indonesia ingin menerapkan e-KTP untuk identitas penduduknya, tetapi hal
ini masih belum mencapai hasil yang baik. Apakah fungsi dari pengambilan
data-data unik yang ada pada diri penduduk? Adakah keuntungan maupun kerugian? Bagaimana
tanggapan kalian untuk penerapan e-KTP?
Jawab
:
Fungsi data-data unik yang ada pada diri
penduduk :
- Untuk mengetahui nama orang tersebut
- Untuk mengetahui sidik jari orang tersebut
- Untuk mengetahui tanda tangan seseorang dengan menggunakan alat
- Untuk mengetahui retina dari seseorang yang ingin membuat e-KTP
- Keuntungan dari e-KTP
- Tidak dapat digandakan
- Sebagai identitas jati diri tunggal
- Tidak dapat dipalsukan..
- e-KTP berlaku nasional, sehingga tidak perlu membuat KTP local untuk
- Pengurusan izin, pembukaan rekening bank, dan sebagiannya.
- Mencegah terjadinya KTP ganda dan pemalsuan KTP oleh oknum-oknum
- Yang tidak bertanggung jawab, yang hanya ingin mengambil keuntunga Saja.
- Terciptanya keakuratan data penduduk untuk mendukung program Pembangunan.
- e-KTP dapt berlaku diseluruh Indonesia, misalnya ketika seseorang sedang
- Berada di daerah lain, dia tidak perlu membuat KTP lagi didaerah tersebut.
- Dapat dipakai sebagai kartu suara dalam pemilu ataupun pilkada.
- Proses jadinya e-KTP terbilang cukup lama memakan waktu.
- Orang lain dapat menyalah gunakkan data tersebut jika data e-KTP tersebu tjatuh ke orang yang salah.
- Memerlukan biaya yang lebih dalam pembuatan e-KTP.
Program
pembuatan elektronik E-KTP yang digalakan oleh pemerintah sudah cukup bagus
karena E-KTP bisa digunakan dalam berbagai hal dan dapat menurunkan tingkat
kriminalitas.
Pembuatan E-KTP itu sendiri bertujuan untuk
melakukan pendataan tunggal jumlah dan identitas penduduk agar tidak terjadi
ke”ganda”an dalam pendataan penduduk. Tetapi ada juga ada juga yang beranggapan
bahwa pembuatan E-KTP itu lebih rumit daripada pembuatan KTP biasa
2. Apakah
menurut kalian universitas adalah suatu sistem. Jelaskan mengapa universitas
juga merupakan suatu supersistem, serta suatu subsistem ?
Jawab
:
- universitas merupakan suatu sistem kerena universitas didalamnya meripakan suatu Elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Tujuan universitas itu sendiri untuk membangun kreatifitas mahasiswa agar lebih terarah hidupnya. Elemen-elemen itu sendiri adalah dosen, mahasiswa, asisten dosen, dan lain-lain.
- Universitas merupakan suatu supersistem serta suatu subsistem karena Universitas merupakan bagian dari supersistem intansi pendidikan dan Karena universitas merupakan supersistem dari subsistem dalam suatu sistem. Subsistem dalam universitas tersebut adalah perpustakaan, laboratorium, seketariat dosen, dsb. karena terdiri dari elemen yang bisa berbentuk individu atau bagian-bagian yang terpisah, kemudian berinteraksi satu sama lain untuk mencapai tujuan.
3. Arus
sumber daya fisik manakah yang harus manajer upayakan untuk dipercepat? Manakah
yang harus manajer upayakan unti diperlambat? Jelaskan alasa kalian?
Jawab
:
Sumberdaya
fisik yang dipercepat manajer:
1. Man (Manusia)
2. Money
(Uang)
Manusia
dan uang adalah hal yang haru diperlambat untuk menurunkan tingkat pengeluaran
biaya dari sebuah perusahaan.
Sumberdaya fisik yang
diperlambat manajer:
1. Material (Bahan)
Karena material berperan
penting dalam proses produksi.
2.
Machine (Mesin-termasuk fasilitas +energi)
semua komponen yang ada dalam sistem
komputer yang dapat memberikan manfaat dan secara fisik dapat kita lihat
4. PT.KAI
menaikkan harga tiket commuter line sebesar Rp.2000,- untuk semua relasi.
Jelaskan menurut kalian apakah dampak baik dan buruk untuk kelangsungan sumber
daya manusianya?
Jawab
:;
Dampak
baik :
- Fasilitas semakin diperbaiki, walaupun tidak semuanya diperbaiki.
- Kenyamanan dan keamanan di dalam kereta semakin diperhatikan.
Damak buruk :
- Masyarakat merasa dirugikan akibat kenaikan tarif tersebut, karena tidak sesuai dengan fasilitasnya.
- Dapat memicu konflik antara masyarakat dengan PT.KAI, karena kenaikan harga tersebut.
5. Alfamart
a.
Data yang ada di tempat tersebut.
1.
Shampoo Clear.
2.
Minuman teh Mirai Ocha.
3.
Mie Instant Indomie.
4.
Sabun mandi LUX.
5.
Pasta gigi Pepsodent.
6.
Parfume Casablanca.
7.
Detergent Rinso.
8.
Pembersih lantai
9.
Pewangi pakaian Molto.
10.
Pengharum ruangan Glade.
b.
Informasi apa yang di hasilkan dari data
yang sudah di ketahui.
c.
Masalah apa yang kalian temukan di
tempat tersebut, bagaimana cara mengatasinya?
1.
Sering terjadinya kurangnya produk di
tempat tersebut sehingga apa yang ingin kita beli tidak tersedia, seharusnya
pesediaan dalam mini market harus selalu di cek.
2.
Kurang lengkapnya beragam jenis produk,
bisa diatasi dengan menambah sponsor produk-produk lainnya.
3.
Penempatan produk-produk dalam rak yang
kurang rapi, hal ini dapat di atasi dengan merapihkan produk tersebut sesuai
dengan jenis produk tersebut.
4.
Label harga terkadang hilang atau tidak
sesuai dengan produknya, seharusnya dipasang sesuai dengan produknya,
5.
Struk pembelian yang terkadang tidak
jelas(tinta hilang), yang seharusnya setiap penjualan di priksa dahulu tinta
kasirnya .
6.
Terkadang para pegawai mini market tersebut
tidak memakai ID Card, seharusnya ID Card tersebut dipakai sebagai identitas
pegawai di swalayan tersebut.
d.
Keputusan seperti apa yang seharusnya diambil
oleh manajernyauntuk mengatasi masalah
tersebut?
Jawab:
Seharusnya
seorang manajer cepat mengambil keputusan dalam masalah-masalah tersebut,
apabila terlalu lama akan membuat konsumen menjadi kurang nyaman atas fasilitas
mini market tersebut yang akan menyebabkan konsumen pindah ke tempat lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar