Ternyata
dalam kehidupan kita sehari-hari dapat dikatakan sebagai organisasi.
Organisasi
itu pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana
orang-orang dapat berkumpul dan bekerjasama dalam berbagai hal. Dengan
adanya organisasi
segala sesuatu yang direncanakan akan berjalan dengan baik dan
penyelesaian
masalah akan lebih efektif.
Organisasi itu sangat
penting dalam hidup bermasyarakat untuk mengatur dan mengorganisasikan kegiatannya
dalam suatu kerjasama untuk mencapai
suatu tujuan tertentu yang telah ditetapkan
Dengan
kata lain manusia hidup didunia tidak dapat sendiri melainkan membutuhkan orang
lain untuk saling tolong menolong. Hal tersebut yang mendasari manusia untuk hidup dalam berorganisasi dimana
pun mereka berada.
Secara
garis besar organisasi mempunyai tiga unsur yaitu orang-orang, kerjasama dan
tujuan bersama-sama . Ketiga ketiga unsur tersebut saling berhubungan dan
merupakan satu kesatuan. Macam-macam organisasi dari segi tujuan yang hendak
dicapai dibedakan menjadi organisasi niaga atau ekonomi dan organisasi sosial
atau organisasi kemasyarakatan. Sedangkan organisasi regional &
internasional adalah macam organisasi menurut luas wilayah.
Apa sih ciri-ciri dari sebuah organisasi?. Adapun ciri-ciri dari organisasi adalah :
Apa sih ciri-ciri dari sebuah organisasi?. Adapun ciri-ciri dari organisasi adalah :
1. Adanya
kompenen, yang dimaksud kompenen disini adalah adanya atasan dan bawahan
2. Adanya
kerjasama, yaitu coorperative yang berstruktur dari sekelompok orang.
3. Adanya
tujuan yang jelas
4. Adanya
sasaran
5. Adanya
keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati.
6. Adanya
pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas
7. Dan
yang palin terpenting adanya komunikasi antar suatu anggota dengan anggota yang
lain. Kenapa dikatakan penting, karena agar tidak terjadi salah paham dengan
anggota lain dalam berorganisasi.
Dalam berorganisasi pun kita akan
dihadapkan oleh berbagai masalah atau konflik antar anggota, misalnya karena
ada perbedaan pendapat, sesuatu hal yang tidak disenangi oleh salah satu
anggota, hal-hal tersebut dapat menyebabkan konflik bahkan sampai berkepanjangan.
Apa itu konflik?? Konflik adalah segala macam interaksi pertentangan atau
antogonistik antara dua atau lebih pihak. Sebenarnya konflik dalam
berorganisasi dapat diatasi tanpa perlu melakukan tindakan kekerasan, Untuk
menyelesaikan konflik yang terjadi pimpinan dapat melakukan tindakan alternatif
seperti diskusi, musyawarah, dan kompromi mungkin hal-hal tersebut dapat
meredakan suatu konflik yang sedang terjadi.
Selain
itu dalam berorganisasi sangat dibutuhkan adanya komunikasi, hal ini sangatlah
penting. Arti kumunikasi itu sendiri adalah suatu proses penyampaian informasi
dan pengertian dari satu orang ke orang yang lain. Semua masalah yang timbul
dalam organisasi akan segera dapat diatasi apabila komunikasi yang berlangsung
dalam organisasi dapat berjalan dengan baik. Komunikasi dalam organisasi akan
berjalan dengan baik apabila arus informasi dalam organisasi tidak menghadapi
hambatan. Pimpinan organisasi membutuhkan informasi yang cepat dan tepat . Oleh
karena itu komunikasi merupakan suatu bidang yang sangat penting dalam organisasi
Sumber :
http://lista.staff.gunadarma.ac.id
Berbagai Sumber
Sumber :
http://lista.staff.gunadarma.ac.id
Berbagai Sumber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar