Nama :
Dwi Rejeki
NPM :
12111260
Kelas :
3KA12
Tugas :
Sistem Informasi Asuransi dan Keuangan
“Menganalisis Web
Asuransi PT. Tripakarta”
Salah satu contoh Asuransi yang ada
di Indonesia yaitu PT Asuransi TriPakarta. Seperti perusahaan asuransi pada
umumnya, Tri Pakarta mempunyai fungsi melindungi kepentigan pihak yang
mempertanggungkan bila suatu saat terjadi kecelakaan atau musibah. PT
Asuransi Tri Pakarta atau yang lebih dikenal dengan sebutan TRIPA
telah berdiri sejak tahun 1978 dan merupakan perusahaan yang bergerak dibidang
asuransi umum yang memiliki kantor pusat di JL.Faletehan I/17-18-19 Kebayoran
Baru – Jakarta 12160 Indonesia, Phone (021) 7222717, Fax 7394748. Saham TRIPA
dimiliki oleh Dana Pensiun BNI 66%, Aswata 25% dan PT Tri Handayani Utama 9%.
Arti
dari TRIPA itu sendiri yaitu “Trust,
Reponsibility, Integrity, Professionalism, Awareness”. Selain itu TRIPA
juga mempunyai motto “Memberikan Yang
Terbaik”. Setiap perusahaan salah satunya perusahaan yang bergerak dibidang
Asuransi terdapat visi dan misi yang semakin memperkuat perusahaan tersebut. Selain
itu PT. TRIPA juga memiliki Visi dan Misi perusahaan.
Visi :
1. Menjadi
perusahaan asuransi terkemuka dan terpercaya yang unggul dalam kinerja, sumber
daya, dan layanan.
Misi :
1. Menyediakan
produk dan layanan asuransi umum yang berkualitas tinggi
2. Membangun
jaringan pemasaran dan hubungan kerjasama yang saling menguntungkan dengan para
pihak yang terkait dengan jasa asuransi.
3. Meningkatkan
nilai-nilai perusahaan dengan membentuk sumber daya manusia yang memiliki
integritas dan komitmen tinggi.
4. Membangun
prasarana dan sarana pendukung kegiatan oprasional perusahaan untuk mencapai
kinerja yang optimal.
Tampilan awal website PT.
TRIPAKARTA
Untuk tampilan awal website PT.
TRIPA sudah cukup bagus dan rapi, warnanya pun tidak terlalu ramai dan simple.
Pada bagian header terdapat
menu-menu yang cukup lengkap yang terdiri dari home, profil yang memiliki
submenu terdiri dari : sekilas tentang PT. TRIPA, visi dan misi, Dewan
Komisaris, Dewan Direksi, Sejarah dan pengertian dasar asuransi, Budaya Tripa,
dan Annual Report. Produk yang memiliki submenu terdiri dari : Asuransi
kebakaran, Asuransi kendaraan bermotor, Asuransi kecelakaan diri, Asuransi
pengangkutan barang, Asuransi rekayasa. Penutup, Klaim yang memiliki submenu
terdiri dari : Prosedur klaim asuransi, Bengkel rekanan. Galeri, Publikasi,
Kantor, Lowongan Kerja, dan Buku Tamu.
Pada bagian isi website terdapat
sebuah foto slide yang berisi kegiatan yang dilakukan oleh PT.TRIPA.
Pada bagian sebelah kanan terdapat
content seperti search yang digunakan untuk mencari alamat PT. TRIPA, Latest
News, Budaya perusahaan asuransi, selain melalui website PT. TRIPA juga
memiliki sosial media melalui twitter dan facebook, selain itu dalam website
ini juga terdapat sebuah video.
Disini saya akan menjelaskan apa
saja isi fitur-fitur dan produk yang ada di website PT.TRIPA.
1. HOME
Fitur
home terletak pada bagian awal website. Pada halaman awal website terdapat
slide show yang berisi foto-foto kegiatan yang dilakukan oleh PT.TRIPAKARTA
bersama anggota-anggotanya. Selain itu pada halaman awal juga terdapat post
terbaru yang di buat oleh PT.TRIPAKARTA.
2. PROFIL
Profil
pada website ini membahas sekilas tentang PT. TRIPA, visi dan misi, Dewan
Komisaris, Dewan Direksi, Sejarah dan pengertian dasar asuransi, Budaya Tripa
yang berisi “Trust, Reponsibility, Integrity, Professionalism, Awareness”, dan
Annual Report.
3. PRODUK
PT.TRIPAKARTA
mempunyai 6 jenis produk asuransi yang terdiri dari Asuransi kebakaran, Asuransi kendaraan
bermotor, Asuransi kecelakaan diri, Asuransi pengangkutan barang, Asuransi
rekayasa.
4. PENUTUPAN
Pada
halaman ini berisi tentang prosedur penutupan asuransi. Surat Permohonan
Penutupan Asuransi (SPPA) merupakan satu kesatuan dari suatu polis; merupakan
formulir isian permohonan untuk mengasuransikan harta benda atau kepentingan
Anda. SPPA wajib dilengkapi sesuai dengan fakta yang sebenarnya, mengingat
informasi tersebut akan kami gunakan sebagai dasar untuk memproses polis
asuransi. Untuk lebih jelas dan rinci dapat di lihat di http://tripakarta.co.id/new/penutupan/
5. KLAIM
Prosedur
klaim asuransi berisi tentang langkah-langkah yang harus segera diambil jika
terjadi suatu kecelakaan untuk lebih jelasnya dapat dilihat di http://tripakarta.co.id/new/prosedur-klaim-asuransi/
Bengkel
rekanan berisi tentang alamat cabang PT.TRIPAKARTA se JABOTABEK untuk
lebih jelas dapat dilihat di http://tripakarta.co.id/new/rekanan-bengkel/
6.
GALERI
Galeri berisi foto-foto kegiatan yang
dilakukan oleh para anggota PT.TRIPAKARTA.
7.
PUBLIKASI
Publikasi berisi mengenai brosur yang
di miliki PT.TRIPAKARTA
8.
KANTOR
- Pada fitur ini berisi tentang kantor pusat PT.TRIPAKARTA.
- Kantor cabang (Branch Office) dari PT.TRIPAKARTA sebanyak 16 kantor cabang.
- Kantor perwakilan (Representative Office) sebanyak 28 kantor perwakilan.
- Untuk mendapatkan alamat lengkap dan jelas dapat di lihat di http://tripakarta.co.id/new/kantor/.
·
9.
LOWONGAN KERJA
Berisi tentang bagaimana perusahaan mencari
para pelamar kerja untuk bergabung dengan syarat dan ketentuan yang di buat
oleh perusahaan tersebut diantaranya kualifikasi, keahlian, dan nilai tambah.
Untuk lebih jelas dapat dilihat di http://tripakarta.co.id/new/lowongan-kerja/
10. BUKU TAMU
Buku tamu berisi form Untuk
informasi lebih lanjut mengenai PT.TRIPAKARTA. Form tersebut terdiri dari nama
lengkap, email, jenis pesan, dan isi pesan.
Untuk
mengetahui secara lebih jelas tentang PT.TRIPAKARTA dapat mengunjungi website
nya di http://tripakarta.co.id/new/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar