Jumat, 21 Maret 2014

“Menganalisis Web Asuransi PT. Tripakarta”



Nama              : Dwi Rejeki
NPM               : 12111260
Kelas               : 3KA12
Tugas              : Sistem Informasi  Asuransi dan Keuangan

“Menganalisis Web Asuransi PT. Tripakarta”
           Salah satu contoh Asuransi yang ada di Indonesia yaitu PT Asuransi TriPakarta. Seperti perusahaan asuransi pada umumnya, Tri Pakarta mempunyai fungsi melindungi kepentigan pihak yang mempertanggungkan bila suatu saat terjadi kecelakaan atau musibah. PT Asuransi Tri Pakarta atau yang lebih dikenal dengan sebutan TRIPA telah berdiri sejak tahun 1978 dan merupakan perusahaan yang bergerak dibidang asuransi umum yang memiliki kantor pusat di JL.Faletehan I/17-18-19 Kebayoran Baru – Jakarta 12160 Indonesia, Phone (021) 7222717, Fax 7394748. Saham TRIPA dimiliki oleh Dana Pensiun BNI 66%, Aswata 25% dan PT Tri Handayani Utama 9%.
            Arti dari TRIPA itu sendiri yaitu “Trust, Reponsibility, Integrity, Professionalism, Awareness”. Selain itu TRIPA juga mempunyai motto “Memberikan Yang Terbaik”. Setiap perusahaan salah satunya perusahaan yang bergerak dibidang Asuransi terdapat visi dan misi yang semakin memperkuat perusahaan tersebut. Selain itu PT. TRIPA juga memiliki Visi dan Misi perusahaan.
Visi :
1.      Menjadi perusahaan asuransi terkemuka dan terpercaya yang unggul dalam kinerja, sumber daya, dan layanan.
Misi :
1.      Menyediakan produk dan layanan asuransi umum yang berkualitas tinggi
2.    Membangun jaringan pemasaran dan hubungan kerjasama yang saling menguntungkan dengan para pihak yang terkait dengan jasa asuransi.
3.     Meningkatkan nilai-nilai perusahaan dengan membentuk sumber daya manusia yang memiliki integritas dan komitmen tinggi.
4.     Membangun prasarana dan sarana pendukung kegiatan oprasional perusahaan untuk mencapai kinerja yang optimal.

Tampilan awal website PT. TRIPAKARTA


            Untuk tampilan awal website PT. TRIPA sudah cukup bagus dan rapi, warnanya pun tidak terlalu ramai dan simple.
            Pada bagian header terdapat menu-menu yang cukup lengkap yang terdiri dari home, profil yang memiliki submenu terdiri dari : sekilas tentang PT. TRIPA, visi dan misi, Dewan Komisaris, Dewan Direksi, Sejarah dan pengertian dasar asuransi, Budaya Tripa, dan Annual Report. Produk yang memiliki submenu terdiri dari : Asuransi kebakaran, Asuransi kendaraan bermotor, Asuransi kecelakaan diri, Asuransi pengangkutan barang, Asuransi rekayasa. Penutup, Klaim yang memiliki submenu terdiri dari : Prosedur klaim asuransi, Bengkel rekanan. Galeri, Publikasi, Kantor, Lowongan Kerja, dan Buku Tamu.
            Pada bagian isi website terdapat sebuah foto slide yang berisi kegiatan yang dilakukan oleh PT.TRIPA.
            Pada bagian sebelah kanan terdapat content seperti search yang digunakan untuk mencari alamat PT. TRIPA, Latest News, Budaya perusahaan asuransi, selain melalui website PT. TRIPA juga memiliki sosial media melalui twitter dan facebook, selain itu dalam website ini juga terdapat sebuah video.
          Disini saya akan menjelaskan apa saja isi fitur-fitur dan produk yang ada di website PT.TRIPA.
1.      HOME
Fitur home terletak pada bagian awal website. Pada halaman awal website terdapat slide show yang berisi foto-foto kegiatan yang dilakukan oleh PT.TRIPAKARTA bersama anggota-anggotanya. Selain itu pada halaman awal juga terdapat post terbaru yang di buat oleh PT.TRIPAKARTA.

2.      PROFIL
Profil pada website ini membahas sekilas tentang PT. TRIPA, visi dan misi, Dewan Komisaris, Dewan Direksi, Sejarah dan pengertian dasar asuransi, Budaya Tripa yang berisi “Trust, Reponsibility, Integrity, Professionalism, Awareness”, dan Annual Report.

3.      PRODUK
PT.TRIPAKARTA mempunyai 6 jenis produk asuransi yang terdiri dari  Asuransi kebakaran, Asuransi kendaraan bermotor, Asuransi kecelakaan diri, Asuransi pengangkutan barang, Asuransi rekayasa.

4.      PENUTUPAN
Pada halaman ini berisi tentang prosedur penutupan asuransi. Surat Permohonan Penutupan Asuransi (SPPA) merupakan satu kesatuan dari suatu polis; merupakan formulir isian permohonan untuk mengasuransikan harta benda atau kepentingan Anda. SPPA wajib dilengkapi sesuai dengan fakta yang sebenarnya, mengingat informasi tersebut akan kami gunakan sebagai dasar untuk memproses polis asuransi. Untuk lebih jelas dan rinci dapat di lihat di http://tripakarta.co.id/new/penutupan/

5.      KLAIM
Prosedur klaim asuransi berisi tentang langkah-langkah yang harus segera diambil jika terjadi suatu kecelakaan untuk lebih jelasnya dapat dilihat di http://tripakarta.co.id/new/prosedur-klaim-asuransi/
Bengkel rekanan berisi tentang alamat cabang PT.TRIPAKARTA se JABOTABEK untuk lebih jelas dapat dilihat di http://tripakarta.co.id/new/rekanan-bengkel/

6.      GALERI
Galeri berisi foto-foto kegiatan yang dilakukan oleh para anggota PT.TRIPAKARTA.

7.      PUBLIKASI
Publikasi berisi mengenai brosur yang di miliki PT.TRIPAKARTA

8.      KANTOR
  •      Pada fitur ini berisi tentang kantor pusat PT.TRIPAKARTA.
  •    Kantor cabang (Branch Office) dari PT.TRIPAKARTA sebanyak 16 kantor cabang.    
  •    Kantor perwakilan (Representative Office) sebanyak 28 kantor perwakilan. 
  •    Untuk mendapatkan alamat lengkap dan jelas dapat di lihat di  http://tripakarta.co.id/new/kantor/.


·       

9.      LOWONGAN KERJA
Berisi tentang bagaimana perusahaan mencari para pelamar kerja untuk bergabung dengan syarat dan ketentuan yang di buat oleh perusahaan tersebut diantaranya kualifikasi, keahlian, dan nilai tambah. Untuk lebih jelas dapat dilihat di http://tripakarta.co.id/new/lowongan-kerja/

10.  BUKU TAMU
Buku tamu berisi form Untuk informasi lebih lanjut mengenai PT.TRIPAKARTA. Form tersebut terdiri dari nama lengkap, email, jenis pesan, dan isi pesan.

Untuk mengetahui secara lebih jelas tentang PT.TRIPAKARTA dapat mengunjungi website nya di http://tripakarta.co.id/new/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar