Sabtu, 20 Oktober 2012

Ciri-ciri, Unsur dan Teori Organisasi

Apa sih ciri-ciri dari sebuah organisasi? Sebelum menjelaskan ciri-ciri dari sebuah organisasi, ketahui terlebih dahulu mengenai arti organisasi itu sendiri. Secara sederhana organisasi adalah suatu kerjasama antara dua orang atau lebih dengan adanya bentuk kerjasama tersebut akan mempermudah untuk pencapaian tujuan bersama. Adapun ciri-ciri dari organisasi adalah :
1.      Adanya kompenen, yang dimaksud kompenen disini adalah adanya atasan dan bawahan
2.      Adanya kerjasama, yaitu coorperative yang berstruktur dari sekelompok orang.
3.      Adanya tujuan yang jelas
4.      Adanya sasaran
5.      Adanya keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati.
6.      Adanya pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas
7.   Dan yang palin terpenting adanya komunikasi antar suatu anggota dengan anggota yang lain. Kenapa dikatakan penting, karena agar tidak terjadi salah paham dengan anggota lain dalam berorganisasi.

 


                 Selain itu ada juga cirri-ciri organisai modern yaitu :
1.      Organisasi bertambah besar.
2.      Pengolahan data semakin besar.
3.      Penggunaan staf menjadi lenih intensif.
4.      Kecenderungan spesialis.
5.      Adanya prinsip-prinsip atau azas-azas organisasi.
                  6.   Unsur organisasi lebih lengkap

      Unsur-unsur dari organisasi
                  Selain memiliki ciri-ciri, organisasi juga memiliki berberapa unsur diantaranya :
1.      Manusia (Man)
                      Manusia diciptakan Tuhan Yang Maha Kuasa di muka bumi ini sebagai makhluk yang paling sempurna dibandingkan dengan makhluk lain. Melalui kesempurnaannya itu manusia bisa berpikir, bertindak, berusaha, dan bisa menentukan mana yang benar dan baik. Di sisi lain, manusia meyakini bahwa dia memiliki keterbatasan dan kekurangan. Mereka yakin ada kekuatan lain, yaitu Tuhan Sang Pencipta Alam Semesta. Oleh sebab itu, sudah menjadi fitrah manusia jika manusia mempercayai adanya Sang Maha Pencipta yang mengatur seluruh sistem kehidupan di muka bumi.
                    Lalu apa hubungannya dengan organisasi? Manusia hidup didunia ini tidak dapat hidup sendiri melainkan membutuhkan dan memerlukan orang lain. Dengan berorganisasilah manusia dapat melakukan interaksi dengan yang lainnya dengan cara berorganisasi.
2.      Kerjasama
                Kejasama dapat dikatakan sebagai sekumpulan orang-orang atau kelompok yang lebih besar yang melakukan kerjasama untuk mencapai tujuan tertentu secara bersama.
3.      Tujuan Bersama
                  Tujuan adalah sesuatu apa yang akan dicapai atau dihasilkan dalam jangka waktu tertentu, tujuan keinginan kita untuk mencapai sesuatu yang diinginkan sesuai yang direncanakan. Tujuan ditetapkan dengan mengacu kepada pernyataan visi dan misi.
4.      Peralatan (Equipment)
                 Peralatan atau equipment yang terdiri dari semua sarana, berupa materi, mesin-mesin, uang, dan barang modal lainnya (tanah, gedung/bangunan/kantor).
5.      Lingkungan
                     Faktor lingkungan misalnya terdiri dari keadaan sosial, budaya, ekonomi, dan teknologi. kebijaksanaan (policy), strategi, anggaran (budgeting), dan peraturan-peraturan (regulation) yang telah ditetapkan. Dan juga beberapa tujuan tertentu,
6.      Kekayaan Alam
               Yang termasuk dalam kekayaan alam ini misalnya keadaan iklim, udara, air, cuaca (geografi, hidrografi, geologi, klimatologi), flora dan fauna.
7.      Kerangka/Konstruksi mental organiasi, terdiri dari pembagian tugas, pendelegasian wewenang, disiplin, kesatuan perintah, kesatuan arah, rentang pengawasan, koordinasi, jenjang organisasi, sentraliasi, inisiatif, kesatuan jiwa korps.

Teori Organisasi
            Teori organisasi klasik (Teori Tradisonal) terdiri dari :
1.      Teori Birokrasi
      Teori ini dikemukakan oleh Max Weber . Kata birokrasi mula-mula berasal dari kata legal-rasional .organisasi disebut rasional dalam hal penempatan tujuan dan perancangan organisasi untuk mencapai tujuan tersebut, menurut Weber bentuk organisasi yang birokratik secara kodratnya adalah bentuk organisasi yang paling efesien. Weber mengemukakan karakteristik-karakteristik birokrasi sebagai berikut:
2.      Teori Administrasi
                  Teori administrasi berkembang sejak tahun 1900. Teori ini sebagian besar dikembangkan atas dasar sumbangan Henri Fayol dan dan Lyndall Urwick dari eropa, serta Mooney dan Reiley di Amerika. Henri Fayol (1841-1925 ), seorang industrialis dai perancis ,pada tahun 1916 telah menulis masalah-masalah teknik dan administrasi dalam bukunya yang terkenal, Administrasion Industriel le et Generale (Administrasi Industri dan Umum).
3.      Manajemen Ilmiah
                  Manajemen ilmiah, yang dikembangkan mulai sekitar tahun 1900 oleh Frederick Winslow Taylor, telah dipergunakan cukup luas. sebagai hasilnya dia mengemukakan empat kaidah dasar manajemen yang harus dilaksanakan dalam organisasi perusahaan yaitu :
                  Menggantikan metoda-metoda kerja dalam praktek dengan berbagi metoda yang dikembangkan atas dasar ilmu pengetahuan tentang kerja ilmiah yang benar, Mengadakan seleksi , latihan-latihan dan pengembangan para karyawan secara ilmiah,Pengembangan ilmu tentang kerja serta seleksi ,latihandan pengembangan secara ilmiah harus diintegrasikan.             

                                Teori Neo Klasik yaitu teori yang berhubungan atau manusiawi yang menekankan pentingnya aspek psikologis dan sosial karyawan.
                                             Teori organisasi modern semua unsur organisasi sebagai satu landasan dan saling ketergantungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar