Kamis, 08 November 2012

Komunikasi Dalam Organisasi

A.    PENGERTIAN KOMUNIKASI
            Apa itu komunikasi? Komunikasi adalah sebuah cara yang digunakan sehari-hari dalam menyampaikan pesan atau rangsangan (stimulus) yang terbentuk melalui sebuah proses yang melibatkan dua orang atau lebih. Dimana satu sama lain memiliki peran dalam membuat pesan, mengubah isi dan makna, merespon pesan atau rangsangan tersebut, serta memeliharanya di ruang publik.
                Pentingkah sebuah komunikasi dalam organisasi? Komunikasi dalam organisasi sangat penting karena dengan adanya komunikasi maka seseorang bisa berhubungan dengan orang lain dan saling bertukar pikiran yang bisa menambah wawasan seseorang dalam bekerja atau menjalani kehidupan sehari-hari. 

             Semua masalah yang timbul dalam organisasi akan segera dapat diatasi apabila komunikasi yang berlangsung dalam organisasi dapat berjalan dengan baik. Komunikasi dalam organisasi akan berjalan dengan baik apabila arus informasi dalam organisasi tidak menghadapi hambatan.

B.     UNSUR-UNSUR KOMUNIKASI
            Terdapat 5 macam unsur-unsur komunikasi yaitu :
a.       Komunikator
      Komunikator adalah pihak yang bertindak sebagai pengirim pesan dalam sebuah proses komunikasi, dengan kata lain komunikator merupakan sesorang atau sekelompok orang yang berinisiatif untuk menjadi sumber dalam sebuah hubungan. Seorang komunikator tidak hanya berperan dalam menyampaikan pesan kepada penerima, namun juga memberikan respon dan tanggapan serta menjawab pertanyaan dan masukan yang disampaikan oleh penerima.
b.      Menyampaikan berita
c.       Berita-berita yang disampaikan
d.      Komunikasi
      Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi dan pengertian dari satu orang ke orang lain.
e.       Tanggapan atau reaksi

C.     HAMBATAN-HAMBATAN KOMUNIKASI
a.       Hambatan yang bersifat teknis
      Hambatan bersifat teknis, seperti gangguan pada alat kmunikasi, media, teknologi, dan sebagaianya.
b.      Hambatan semantik
      Faktor semantik menyangkut bahasa yang dipergunakan komunikator sebagai alat untuk menyalurkan pikiran dan perasaanya kepada komunikan. Demi kelancaran komunikasi seorang komunikator harus benar-benar memperhatikan gangguan sematis ini, sebab kesalahan pengucapan atau kesalahan dalam penulisan dapat menimbulkan salah pengertian (misunderstanding) atau penafsiran (misinterpretation) yang pada gilirannya bisa menimbulkan salah komunikasi (miscommunication).
      Gangguan yang berasal dari penggunaan bahas, dapat karena perbedaan bahas, perbedaan persepsi, penggunaan istilah yang berlebihan, ketidakmampuan dalam memilih kata ataupun kalimat.
c.       Hambatan perilaku
      Hambatan perilaku adalah situasi dan kondisi psikis yang terdapat atau dimiliki oleh komunikan dan komunikator. Misalnya nervous, malu takut dan sebagainya

D.    KLASIFIKASI KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI
1.      Dari segi sifatnya :
a.       Komunikasi lisan
b.      Komunikasi tertulis
c.       Komunikasi verbal
d.      Komuniksi non verbal
2.      Dari segi arahnya :
a.       Komunikasi ke atas
b.      Komunikasi ke bawah
c.       Komunikasi diagonal keatas
d.      Komunikasi diagonal kebawah
e.       Komunikasi horizontal
f.       Komunikasi satu arah
g.      Komunikasi dua arah
3.      Menurut lawannya:
a.       Komunikasi satu lawan satu
b.      Komunikasi satu lawan banyak (kelompok)
c.       Kelompok lawan kelompok
4.      Menurut keresmiannya
a.       Komunikasi formal
b.      Komunikasi informal

Sumber :
Warta Warga
Wikipedia
Berbagai Sumber
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar